Saturday, July 3, 2010

Tata letak kandang puyuh petelur

Untuk usaha rumah tangga, puyuh bisa dipelihara dirumah dengan memakai ruangan yang tidak terpakai. Jika memiliki cukup uang, bisa saja membangun kandang khusus dibelakang rumah. Ruangan berukuran 6 x 4 m2 cukup untuk memelihara 200-2500 ekor puyuh.

Namun, secara umum jika akan diusahakan secara lebih serius dengan populasi hingga puluhan bahkan ratusan ribu, ada persyaratan lokasi yang harus dipenuhi.
  1. Lokasi harus jauh dari lokasi pemukiman pendududk, maksutnya agar puyuh lebih suka ketenangan tidak terganggu. Selain itu juga untuk menghindari keresahan sosial akibat keberadaan peternakan ini.
  2. Lokasi mudah diakses/diajngkau oleh alat transportasi, terutama jalur sarana produksi peternakan/sapronak (pakan, bibit, peralatan dan lain-lain) dan jalur-jalur pemasaran. bayangkan jika lokasi kandang sulit dijangkau oleh pedagang, tentu peternak lebih repot menjual telurnya.
  3. Sedapat mungkin lokasi bebas dari wabah penyakit. Lokasi yang sering terpapar wabah penyakit unggas akan membuat biaya kesehatan lebih tinggi sehingga mengurangi keuntungan. Apalagi jika sampai kebobolan penyakit. Kalupun tidak mati, setidaknya produksi akan turun sehingga menurunkan produksi.
  4. Bukan merupakan daerah sering banjir. Banjir akan merepotkan karena menyulitkan pemeliharaan dan membawa berbagai penyakit.
  5. Memiliki sirkulasi udara yang baik. Puyuh tidak suka angin, namun tetap membutuhkan udara segar. Apalagi bila pemeliharaan telah berjalan, kotoran yang menumpuk menimbulkan gas amonia yang berbahaya baginya. Untuk itu perlu udara segar untuk menendang gas amonia keluar dari ruangan.