Wednesday, July 7, 2010

Sangkar untuk puyuh petelur

Di Amerika yang sudah menerapkan animal welfare (kesejahteraan hewan), kandang puyuh sebenarnya disarankan berbentuk kandang sangkar terbuka yang memiliki pelataran dengan litter sehingga menyulitkan dalam pengumpulan telurnya. akhirnya, peternak disana memilih kandang sangkar untuk ternak puyuh mereka.

Slah satu keuntungan kandang sangkar bagi puyuh petelur dewasa adlah penghematan tempat. Sangkar itu dilengkapi dengan tempat pakan, minum, penampung kotoran dan lampu. Agar lebih efisien, sangkar bisa dibuat maksimal bertingkat 4. Untuk yangberkonstruksi batere bersusun miring, usahakan maksimum bersusun 3 tingkat.

Bahan yang digunakan untuk sangkar bisa diperoleh dari bahan yang mudah diperoleh disekitar peternak. Bisa berupa bambu umumnya lebihmudah diperoleh dan lebih murah. Hanya saja tingkat keawetanya lebih rendah daripada kayu.

Agar kelak tak menyulitkan dalam membersihkan kotoran yang menempel, sebaiknya bahan-bahan itu dikombinasi dengan kawat kasa/strimin/ram (anyaman kawat yang sudut-sudutnya dipatri kuat/welded wire mesh). Selain itu ram juga dipilih agar kaki puyuh tidak mudah terperosok kedalam celah-celah lantai. Di bawah lantai, diletakan lembaran tripleks/plywood tipis untuk menampung kotoran agar tak jatuh ke sangkar yang dibawahnya.