Thursday, July 8, 2010

Tempat pakan dan tempat minum untuk puyuh petelur

Tempat pakan dapat dibuat sendiri dengan papan/tropleks ataupun pipa PVC, sedangkan tempat minum dibuat dengan potongan pipa PVC ukuran 3-5 inch. Setiap puyuh memerlukan area tempat pakan antara 1,5-2cm sehingga semakin besar ukuran tempat pakan sebenarnya semakin baik bagi puyuh karena bisa mengurangi persaingan saat makan. Hanya saja, kemungkinan pakan menjadi boros karena banyakyang tercecer. Solusinya tempat pakan tak usah terlalu lebar tetapi dibuat memanjang agar puyuh tak berebut saat pakan diberikan.

Tempat pakan bisa diletakkan didalam ataupun diluar sangkar. sedangkan tempat minum sebaiknya diluar sangkar agar mudah saat membersihkan. Selain itu juga untuk menghindari puyuh naik ketempat minum sehingga air jadi kotor. Konstruksi tempat pakan yang terletak diluar sangkar sama persis dengan konstruksi tempat minum.

Selain itu perlu juga disediakan ember khusus untuk pakan dan air minum, yang tak kalah penting adalah sediakanalat semprot. Jika tak punya alat semprot besar sebagaimana dimiliki petani sayur, beli saja alat semprot kecil terbuat dari plastik yang harganya tak sampai 15.000. alat ini penting untuk melakukan desinfetansi/penyemprotan cairan pembunuh kuman agar kesehatan puyuh terjaga. Desinfektan yang digunakan bisa dibeli ditoko pakan ternak/toko obat hewan.