Friday, July 23, 2010

Pemberian pakan pada puyuh masa produksi

Pemberian pakan puyuh masa produksi harus benar-benar diperhatikan dengan teliti. Sebab pemberian pakan yang berlebihan tidak akan meningkatkan produksi justru merupakan suatu pemborosan. Jika kita memberikan pakan yang berlebih 1 gram saja per ekor, maka dalam waktu 1 tahun untuk populasi 2000 ekor sudah membuang uang 1,5 jutaan. apalagi sampai banyak pakan yang tercecer. prinsip utama dalam mencari keuntungan dari suatu usaha peternakan adalah selisih antara pengeluaran untuk pakan dan jumlah produksinya.

Sebaiknya pakan diberikan 2 kali sehari, pada masa layer ini pakan yang diberikan mengandung protein 22%. Setelah mulai bertelur pakan bisa diberikan 1 kali sehari. Dari sebuah penelitian, memberi pakan pada sore hari sekitar jam 14.00-22.00 ternyata lebih baik daripada pemberian pada pagi hari karena siklus peneluran puyuh dimulai pada sore hari.

Pemberian pakan harus memperhatikan kondisi puyuh, jangan sampai terlalu banyak yang tersisa karena sia makanan merupakan media yang subur untuk pertumbuhan jamur. Kefisienan pemberian pakan akan dapat menjaga produksi telur hingga 70% rata-rata dalam 1 tahun. Bahkan bisa juga mencapai sampai 80%.

Penurunan nafsu makan dapat dipengaruhi beberapa hal, sperti stres akibat penggantian pakan, bising, kualitas pakan jelek atau kondisi puyuh yang kurang baik. Suhu udara yang panas juga merupakan faktor yang menyebabkan penurunan nafsu makan. Untuk mengatasi hal ini dapat juga diberikan vitamin dan elektrolit untuk mengurangi stress dan meningkatkan nafsu makan.