Thursday, July 1, 2010

Memulai usaha ternak puyuh

Ukuran usaha yang didirikan tergantung pada keadaan keuangan yang dimiliki. Disarankan untuk memulai usaha dari skala kecil dahulu. Sebagai pemula tentu perlu latihan sebelum memulai usaha besar yang menelan modal yang besar juga. Yakinlah, meningkatkan usaha menjadi lebih besar tidak akan menjadi masalah kalau sudah terampil memelihara dalam skala kecil.

Usaha budidya dapat dibagi 2 yaitu usaha budidaya petelur dan usaha budidaya pembibit. Usaha budidaya petelur dapat dimulai dengan memelihara 100-250 ekor puyuh. Usaha ini sudah cukup dapat dipakai sebagai latihan usaha. Hasil telur yang diperoleh dapat digunakan sendiri sebagai sumber protein hewani.

Permodalan merupakan kunci utama dalam suatu usaha. Modal memang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya juga tak mungkin ada tanpa modal. Lantas, apakah peternak atau calon peternak puyuh harus menyediakan sendiri modalnya? Tentu, bagi anda yang memiliki uang lebih hal itu bukan masalah. Namun, bagi masyarakat pada umumnya inilah masalah terbesar yang mereka hadapi, sementara agribisnis sampai saat ini masih dianaktirikan oleh bank, sehingga sulit mendapatkan pinjaman bank bagi usaha ini.

Maka disinilah letak kreativitas calon pelaku agribisnis puyuh diuji. Banyak kesempatan untuk mendapatkan modal dengan berbekal kepercayaan. Calon peternak dapat saja berkorban dulu dengan magang pada peternak senior. selain untuk belajar serius, siapa tahu bisa diangkat menjadi plasma alias dititipi puyuh dirumah untuk dipiara dengan perhitungan berdasar upah ataupun berdasar setoran telur.