Wednesday, June 30, 2010

Telur tetas puyuh petelur, peluang usaha baru

Kendala bagi peternak pemula saat ini adalah sulitnya mencari pasokan DOQ/kuthuk puyuh pada saat harga puyuh tinggi. sebabnya adalah sampai kini belum ada perusahaan besar yang memproduksi DOQ secara besar-besaran sebagaimana pada ayam ras. Karena breeder/penetas yang ada sekarang masih berskala kecil, maka saat pesanan DOQ melonjak akan terjadi kekurangan stok sehingga harga DOQ naik. Itu pun, untuk memperoleh DOQ harus indent/pesan dulu, bahkan bisa sampai satu atau dua bulan.

Kendala ini sebenarnya bisa menjadi peluang bagi peternak puyuh yang sudah berpengalaman memelihara puyuh petelur konsumsi. Saat ini berkesempatan memperluas usahanya dengan memproduksi telur puyuh tetas.

Meski syarat-syarat kebersihan dan penjagaan puyuhnya menjadi lebih ketat, namun dengan ketekunan tidak ada hal yang tidak mungkin. apalagi jika dapat menetaskan sendiri telur-telur tersebut. Lebih dari itu, setidaknya untuk menjadi penetas, sebaiknya belajar dari penetas lain karena ada banyak hal yang harus diketahui. atau setidaknya anda membaca buku khusus tentang penetasan.