Monday, July 19, 2010

Kepadatan dan pemindahan puyuh masa starter

Kepadatan brooder diatur 3 kali penjarangan. Caranya memindahkan sebagian puyuh ke brioder lain agar kepadatan kandang terpenuhi. Sampai umur 1 minggu kepadatan dijaga 100 ekor/m2. Pada hari kedelapan, kepadatan di set 75 ekor/m2. Pada hari ke 15 kepadatan hanya 50 ekor/m2. Pada hari ke 22, sebagian puyuh sudah layak masuk kandang layer dengan kepadatan kandang 40 ekor/m2. tetapi masih diberi pemanas tambahan dan dinding strimin bagian belakang dan samping masih diberi kardus agar panas lampu tidak keluar, juga untuk mengurangi hawa dingin.

Tempat minum yang digunakan sejenis dengan tempat minum brooder diletakan didalam. Pada hari ke 28 semua puyuh dapat dipindah kekandang layer tanpa penutup kardus, dengan tetap menyalakan lampu saat hari mulai gelap ataupun setiap saat jika diperlukan kehangatan.

Pada saat penjarangan diatas sekaligus di lakukan grading atau pemisahan antara puyuh yang lebih kecil ataupun lemah agar tidak semakin lemah karena kalah persaingan. Setiap saat harus dikontrol apakah ada puyuh sakit. Jika ada, pisahkan dan obati agar tidak menular kepada yang lain.