Monday, April 30, 2012

Dimanakah anda bisa mendapatkan bibit puyuh yang berkualitas?

Sebagai kota yang sudah merupakan sentra peternakan puyuh selama bertahun tahun. Tentu saja blitar merupakan tempat para peternak puyuh yang sudah cukup berpengalaman. Dalam peternakan puyuh ini berbeda dengan peternakan ayam ras. Jika untuk ayam ras, penyediaan bibit atau DOC langsung dari pabrik atau perusahaan pembibittan(breeder) tetapi untuk peternakan puyuh ini pembibitan dilakukan oleh breeder lokal.

Pada dasarnya kalau hanya sekedar membuat pembibitan puyuh tidak sulit. Dengan hanya mengawinkan puyuh jantan dan puyuh betina saja, kita sudah dapat menetaskan telurnya dan puyuh betina nya bisa dijadikan puyuh petelur. Hanya saja, untuk memperoleh puyuh petelur yang berkualitas tidak hanya semudah itu. Perlu penyilangan indukan hingga beberapa kali agar bisa didapatkan puyuh petelur yang berkualitas dan lebih tahan terhadap penyakit.

Sebagai contoh, hanya sekedar untuk menghasilkan puyuh petelur auto sexing, yaitu anakan puyuh yang langsung bisa ditentukan jenis kelamin jantan dan betinannya setelah menetas langsung dari warna bulu nya. Ini dibutuhkan 3 kali penyilangan untuk mendapatkan indukan F1 nya. Belum lagi untuk mendapatkan puyuh yang mempunyai produksi yang maksimal, tentu perlu pengalaman yang lebih banyak lagi.

Dikarenakan blitar merupakan daerah sentra peternakan puyuh yang sudah cukup lama, bukan hanya para peternaknya saja yang berpengalaman. Tetapi para breedernya pun sudah dikenal sebagai breeder puyuh petelur yang yang sangat berkualitas. Oleh karena, untuk mendapatkan bibit puyuh petelur yang berkualitas sebaiknya anda langsung membelinya dari blitar.