Tuesday, April 24, 2012

Blitar sentral peternakan puyuh petelur

Jika anda peternak puyuh atau masih ingin belajar untuk beternak puyuh, tahukah anda dimana sentra peternakan puyuh yang cukup besar di indonesia ini? Tentu saja jawabnya Blitar, untuk jenis peternakan unggas petelur memang blitar ini produknya cukup merajai di Indonesia.

Jadi jika anda masih belajar atau peternak yang sudah lama dan berada di luar kota blitar, maka dari para peternak di blitar inilah anda belajar dan bertukar pengalaman. Para peternak puyuh di blitar ini sudah sangat terkenal ulet dan tangguh dalam menjalankan usahanya.

Sangat berbeda jauh dengan para peternak puyuh dari daerah lain. Jika di daerah lain ini banyak bermunculan peternak hanya pada saat harga telurnya tinggi saja tetapi di Blitar berbeda, para peternak ini tetap saja konsisten dalam menjalankan usahanya. Jadi sudah tidak mengherankan di blitar ini banyak peternak puyuh yang sudah menekuni usahanya mencapai puluhan tahun. Berbeda dengan peternak dari daerah lain yang kebanyakan hanya beternak karena hanya tertarik mendengar harga telur pada saat tinggi saja.

Karena di blitar ini merupakan sentra nya peternakan puyuh, maka bisa dikatakan bahwa blitar tentu saja menjadi rujukan dalam dunia per puyuhan ini. Mulai dari pedagang yang mencari telur puyuh hingga para peternak yang mencari bibit puyuh atau pulletnya. Memang jika di bandingkan daerah lain, harga telur puyuh di blitar ini paling murah, tetapi para peternaknya masih tetap saja lebih eksis daari peternak lain. Hal ini dikarenakan para peternak disini sudah mempunyai cukup pengalaman dalam pemeliharaan yang berkualitas dan menekan biaya produksi serendah mungkin.