Wednesday, July 14, 2010

Pengaturan pemanas untuk puyuh fase starter

Puyuh muda memerlukan panas tambahan untuk menjaga panas tubuh sampai mereka berbulu sempurna. Pada minggu pertama, temperatur yang dibutuhkan sekitar (37 derajat Celcius) dan setiap minggu minggu berikutnya diturunkan 3 derajat Celcius sampai mencapai temperatur ruang 28 derajat Celcius. Kandang indukan dibuat sedemikian rupa sehingga puyuh dapat mendekati atau menjauhi daerah pemanas sesukanya. Ini dimaksutkan untuk melatih puyuh beradaptasi dengan temperature yang lebih rendah.

Umur (minggu) Temperature (derajat Celcius) Kelembapan
1 37-38 70%
2 32-35
3 28-30
4 22-24
Sumber: Program pemeliharaan puyuh PT. Peksi Jaya Guna

Untuk mengetahui cukup tidaknya panas yang diberikan dengan melihat tingkah laku puyuh. Apabila bergerombol mendekati lampu pemanas berarti panas yang diberikan kurang, sebaliknya bila menjauhi lampu pemanas dan bergerombol didekat dindding berarti kepanasan. Lampu pemanas cukup apabila puyuh tersebar merata dikandang. lampu pemanas diberikan terus-menerus sepanjang hari.

Bagian atas lampu diberi corong penutup (seperti caping) supaya panas lampu tidak keluar. Jika puyuh menunjukkan tanda-tanda kedinginan, maka lampu didekatkan ke lantai brooder. Sebaliknya jika kepanasan maka lampu ditarik keatas, dijauhkan dari lantai brooder hingga puyuh terlihat nyaman kembali.

Dalam hal ini harus jeli dalam melihat perilaku puyuh. Jika pada siang hari setelah puyuh berumur 10 hari dirasa tanpa lampu pun puyuh sudah hangat, maka bisa saja lampu dimatikan. namun, saat puyuh mulai terlihat bergerombol, nyalakan lagi pemanas, jangan sampai terlambat.